
Apa Itu Desain Pemodelan Grafis?
A. Pengertian Desain Grafis
Ahli dalam menggunakan grafis/gambar/apa saja yang berkaitan dengan penciptaan tanda, skema, logo, grafis, gambar, simbol, desain geometric dan lainnya, desainer grafis terlatih menggunakan program desain seperti Photoshop, Illustrator, Flash dan lainnya. Mereka adalah orang-orang yang kreatif yang mengerti estetika sebagai halnya mengkomunikasikan pesan melalui desain grafis. Dibawah ini merupakan pengertian setiap kata mengenai desain grafis:
-Desain : Seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya.
-Pemodelan : Pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang.
-Grafik : Pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, symbol dan gambar dengan melakukan proses pencetakan.
-Desain Grafik : Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. Bidang ini merupkan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.
B. Perkembangan Desain Grafis
Awal mula desain grafis ialah terbatas hanya pada media cetak dua dimensi. Namun saat ini perkembangan desain grafis semakin pesat dengan merambahnya ke media lain seperti audio dan visual. Semua itu tentunya di dukung oleh software desain yang saat ini semakin mumpuni. Saat ini desain grafis bisa di terapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
C. Prinsip dan Unsur Desain Grafis
a. Unsur-unsur:
1. Ukuran (size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.
2. Ruang (space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, ini dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis.
3. Warna (color)
Warna untuk menunjukkan identitas visual
4. Garis (line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan satu titik poin dengan titik poin lainnya sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
b. Prinsip:
1. Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain.
2. Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual.
3. Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi.
4. Penekanan
Dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.
5. Irama
Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang serupa dengan interval waktu antara dua nada music beruntun yang sama.
D. Hubungan Dengan Kegiatan Sehari-hari
1. Bidang Pendidikan : Tentunya digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada grafik secara nyata. Contohnya, cover buku pelajaran, animasi untuk pembelajaran dan lain-lain
2. Bidang Teknologi : Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan. contoh dalam bidang teknologi, pembuatan desain foto atau pun video.
3. Bidang Hiburan : Seperti yang sudah dibahas sebelumnya yaitu berguna pada acara televise seperti iklan, film kartun bahkan sinetron menggunakan desain grafis agar tampilannya tampak lebih menarik.
4. Bidang Perancangan : Digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat misalnya digunakan untuk membuat arsitektur bangunan, desain kendaraan dan lainnya. contohnya saja aplikasi sketchup untuk pembuatan desain arsitektur
Komentar
Posting Komentar